Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

MERUBAH STIGMA PEMIKIRAN MASYARAKAT TENTANG PONDOK PESANTREN

Ponorogo – Pendidikan islam di Indonesia memiliki peran yang amat besar. Bagi bangsa Indonesia di Nusantara telah dimulai sejak tahun 1596. Pendidikan agama inilah yang disebut Pondok Pesantren.

Perkembangan pendidikan agama di Indonesia dengan Pondok Pesantren sebagai cikal bakalnya, selanjutnya mengalami perkembangan yang sangat dinamis.

Pondok Pesantren sebagai wadah pelampiasan di era masa kini. Banyak dari orang tua mempercayai Pondok Pesantren dapat memberikan perubahan karakter pada anak-anakya.

Dari setiap pondok memiliki sistem dan cara yang berbeda, tentu kita harus menyikapi dengan bijaksana. Begitu juga visi misi yang baik yang akan menumbuhkan bagaimana menjadi pribadi yang baik.

Banyaknya stigma masyarakat dalam memberikan pandangan terhadap Pondok Pesantren sedikit tercoreng. Tak halnya, karna sedang maraknya kasus yang terjadi pada pondok pesantren saat ini.

Tidak seutuhnya perihal kesalahan datang dari Pondok Pesantren. Tak lain, adanya oknum tertentu yang menjadikan sebab terjadinya suatu kasus dalam Pondok Pesantren.

“Pesantren merupakan lembaga yang dijadikan tauladan akan akhlak dan kepahaman ilmu. Bahkan tidak hanya secara akhlak, namun jiwa kemanusiaan, gotong royong, jiwa kejujuran, toleransi dan lainya seharusnya melekat pada seorang jiwa santri. Jelas Mu’tamiroh salah satu Santri Pondok Pesantren di Ponorogo.

Harapanya Pondok Pesantren dapat menumbuhkan santrinya yang menjaga jiwa kesantrian, karena kita sebagai generasi penerus bangsa dan agama harus bisa menggenggamnya. (Wd/ PKL/Timjurnalis Radiosonggolangit)