Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

KONSISTENSI DARI MENJALANKAN HOBI

Ponorogo – Siapa sangka industri rumahan jauh dari kota bisa mengolah singkong menjadi sebuah produk unggulan. Terletak di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, terdapat industri pengolahan tape singkong. Produk dari industri tersebut tidak hanya berupa tape ada juga kripik dan permen tape singkong.

Bermula dari pelatihan yang disediakan pemerintahan desa terdapat 5 kelompok industri tape. Namun seiring berjalanya waktu dan ketekunan dalam menjalaninya hanyalah home industri Pak Pariyono. Berkat ketekunan dan seiring perjalanan karir Pak Pariyono sejak tahun 2017 hingga sekarang bisa menciptakan produk yang berkualitas.

Dalam perjalanan Pariyono kerap kali mengalami kegagalan, Hingga pada tahun 2019 menemukan resep tersendiri bagaimana menciptakan tape yang tidak berair maupun berlendir dan tahan hingga 2 minggu.

Tidak heran jika produk tape ini merupakan produk unggulan karena penyebaran distribusinya telah merajai kawasan sekitar Ponorogo, Purwantoro dan mengarah ke daerah Madiun hingga Ngawi. Tidak sampai situ saja, produk tape singkong dekspor keluar negeri Hongkong.

 “Awalnya itu ada salah satu tetangga yang bekerja di sana (hongkong), pertama nyicipin sebagai oleh oleh mungkin dari Indonesia, lalu kesini sini jadi banyak, ada kerja sama dengan reseller disananya”. langsung dari Pak Pariyono

Dalam memenuhi stok produksi Pak Pariyono membeli singkong dari petani sekitar Desa Paringan. Terkadang singkong dari Desa Paringan sampai tidak mencukupi kebutuhan industri, sehingga beliau mencari ke daerah Pulung. Usaha seperti ini bisa menghabiskan modal 10 sampai 11 juta perbulannya. Dari modal tersebut bisa dibeli bahan dasar 1 sampai 1,3 ton singkong.

Saat banyaknya permintaan pesanan kios, Pak Pariyono beserta istrinya mampu mengerjakan 4-5 orang tetangganya. Hal ini akan terjadi menjelang hari-hari besar, seperti hari libur nasional, hari raya keagamaan dan sebagainya.

Kesuksesan dalam membangun suatu usaha tidak semudah membalikan telapak tangan, Perlunya kosistensi dan berani dalam menjalaninya. Dukungan sekecil apapun berdampak pada suatu industri hingga bisa menaikan taraf kehidupan masyarakat. Oleh karena itu mungkin salah satu cara yang dilakukan oleh Pak Pariyono bisa ditiru oleh industri rumahan lainya. Hingga membangun usaha yang lebih luas dan bermanfaat bagi penduduk sekitar. (al/injurnalisradiosonggolangit)