Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

Kenaikan Harga Tiket Bus AKAP Tidak Berpengaruh Terhadap Jumlah Penumpang

Wonogiri – Sejumlah angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) tarifnya mengalami kenaikan karena imbas yang didapat dari naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Salah satu sopir bus PO AKAP, Bapak Udin melalui sambungan telepon mengatakan bahwa kenaikan dimulai sehari setelah adanya kenaikan BBM pada (04/09/2022). Selain itu ia menyampaikan bahwa kenaikan tarif dikatakan wajar dan dimaklumi oleh para penumpang karena BBM juga naik.

Pak Udin salah satu sopir bus AKAP

Bapak dua anak tersebut juga menjelaskan bahwa saat ini dengan adanya kenaikan tarif tidak berpengaruh pada penumpang artinya tidak mengurangi atau merubah jumlah penumpang, karena sistemnya borongan. Pak Udin menambahkan mungkin saja terdapat penambahan atau penurunan jumlah penumpang bertepatan dengan hari besar atau hari libur nasional.

Rute yang biasanya dilewati bapak Udin yakni Pacitan dan Wonogiri menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Parung ataupun sebaliknya. Pak Udin menyebutkan bahwa perusahaan bus PO AKAP tempat dimana ia bekerja sudah menerapkan tarif baru dengan kenaikan harga sekitar 40 ribu dari harga biasanya. Misalkan yang awalnya dari Pacitan menuju Jakarta dikenai tarif Rp. 230.000/tiket kini naik menjadi Rp. 270.000/tiket. (ti)