Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

BBM NAIK, HARGA KEBUTUHAN POKOK MELEJIT

Ponorogo – Kenaikan harga BBM mulai diikuti lonjakan harga kebutuhan pokok di Ponorogo khusus nya pasar Siman. Kenaikan kebutuhan pokok ini sangat terlihat pada harga beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Kini harganya mencapai Rp. 9.500-10.500 /kilo yang awalnya hanya seharga 7 ribu-9 ribu/kilo.


“Harga beras, minyak kesemuanya naik, jadi pembelinya berkurang, pendapatan saya pun juga berkurang”, ujar Kamsini, salah satu penjual kebutuhan pokok.

Secara umum banyak harga kebutuhan pokok yang naik tetapi ada beberapa harga yang mengalami penurunan dari biasanya. seperti yang terjadi pada harga telur.

“kemarin harga telur 30 ribu/kilo sekarang turun jadi 24 ribu-25 ribu/kilo”, tambah penjual itu.

Namun, berbeda dengan penjual bumbu dan sayur , Menurutnya kenaikan harga BBM tidak begitu mempengaruhi harga jual. Karena naik turun nya harga dipengaruhi oleh musim panen. Seperti yang terjadi hari ini harga cabai biasanya 70 ribu kini di angka 65 ribu per kilonya.

Sementara kalangan ibu rumah tangga merasa keberatan dengan kenaikan harga kebutuhan pokok. Karena, beban pengeluaran bartambah sebagai dampak kenaikan harga BBM. Mereka berharap, dengan adanya kenaikan BBM pemerintah menurunkan harga kebutuhan pokok atau harga-harga kebutuhan tetap stabil. (ti/wk)