Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

Reog Ponorogo Turut Berpartisipasi dalam Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara.

Ponorogo-Menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) ke-77 yang akan jatuh pada tanggl 17 Agustus 2022 nanti akan menjadi moment penting bagi kontingen asal Kabupaten Ponorogo.

Pasalnya, Reog Ponorogo turut berpartisipasi dalam perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara. Saat dikonfirmasi oleh Jurnalis Radio Songgolangit, Pihak Disbudparpora yang di sampaikan oleh Bapak Sugeng melalui sambungan telepon membenarkan hal tersebut, Senin (15/8).

Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengirimkan kurang lebih 17 Bujang ganong, 17 Dadak Merak, 45 Penari Jathil, 45 Warok, 1 Klono Sewandono dan 20 Pemusik. Selain itu, pihak terkait juga menyiapkan penata busana khusus untuk para kontingen yang akan tampil di istana negara.


Saat di singgung mengenai sejauh mana persiapan yang telah dilakukan, Sugeng mengungkapkan jika pihaknya telah menyiapkan hal tersebut sejak bulan Juli 2022 dan mematangkannya sejak awal Agustus 2022. Hal ini dikarenakan di bulan Juli semua Panitia sedang memaksimalkan rangkaian Festival Reog Mini dan Grebeg Suro.


Sugeng menjelaskan jika bukan kali pertama Reog Ponorogo tampil di Istana Negara. Akan tetapi di tahun ini sangat spesial karena Reog Ponorogo akan tampil sebelum pembacaan proklamasi dan pengibaran bendera merah putih pada pukul 08.00 WIB.


Dia mengatakan seluruh kontingen sangat senang sebab bisa tampil di Istana Negara dan di tonton langsung oleh Presiden Jokowi beserta jajarannya. (za/JurnalisRadioSonggolangit)

Tim Radio Songgolangit FM