Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

Warga Mlarak Terseret Arus saat lakukan Pembersihan Gorong-Gorong

Ponorogo – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Hal itu menyebabkan debit air gorong-gorong di Jalan Raya Mlarak – Pulung mengalami peningkatan.

Melihat itu, 4 warga setempat melakukan pembersihan gorong-gorong yang tersumbat. Salah seorang warga tersebut, sekira pukul 18.30 WIB mulai turun untuk mengangkat sumbatan berupa ranting dan sampah. Tiga orang lainnya menunggu di atas.

Kemudian, sekira pukul 19.30 WIB seorang warga yang turun ke gorong-gorong terseret arus deras dengan posisi berlawanan. Ketiga temannya pun berusaha memegang tubuh korban agar tidak terbawa arus. Namun karena arus yang sangat kuat membuat ketiganya kewalahan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono atau lebih akrab di sapa Budi membenarkan informasi tersebut. Pihaknya pun juga membantu melakukan evakuasi korban. Sekira pukul 20.00 WIB korban berhasil dievakuasi oleh timnya.

Dalam proses evakuasi, lanjut Budi pihaknya mengalami kesulitan karena gorong-gorong sempit. Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat untuk membersihkan gorong-gorong di musim kemarau.

Selain itu, apabila warga tidak memiliki keahlian dan peralatan yang tidak memadai, diharapkan tidak nekat untuk melakukan pembersihan sendiri. Pihaknya, siap siaga untuk membantu warga melakukan pembersihan apabila dibutuhkan. (lc)