Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

Ada Paguyuban Reog di Hongkong

Ponorogo – Kesenian Reog Ponorogo sudah mendunia sejak 2015 silam di Hongkong melalui Paguyuban Singo Wiromo.

Singgo Wiromo Hongkong (Siwi) merupakan paguyuban yang bersatu dari bertemunya para PMI asal Ponorogo yang merindukan kampung halaman. Maka dicetuskanlah Paguyuban tersebut oleh Katini asal Pudak Pulung Ponorogo pada tanggal 1 Oktober 2015 silam.

Paguyuban ini tidak hanya dibuat untuk orang Ponorogo saja melainkan sangat terbuka untuk orang luar Ponorogo yang ingin belajar budaya Reog Ponorogo.

Heny PMI asal Ponorogo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (12/10/21) malam menceritakan, sudah ada beberapa event yang mengundang paguyuban ini untuk menampilkan tarian Reog Ponorogo. Ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi Hongkong, paguyuban ini pun ikut tampil.

Paguyuban ini tidak hanya melulu tentang Reog saja, melainkan ada beberapa kegiatan rutinan, seperti setiap bulannya mengadakan yasinan, bansos, dan penggalanan dana bagi warga Ponorogo yang membutuhkan.

Dengan adanya Paguyuban ini Heny berharap semoga Reog Ponorogo dikenal lebih luas lagi dan warga Ponorogo bangga memiliki Reog Ponorogo. Seperti motto paguyuban ini yakni “dimana kaki berpijak disitu Reog di junjung” yang artinya Singgo Wiromo bertujuan mempromosikan kebudayaan Reog Ponorogo kepada dunia. (in)

Tim Radio Songgolangit FM