Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

PADA BULAN RAMADHAN 1442 H. MASYARAKAT SUDAH PERBOLEHKAN SHOLAT BERJAMAAH DI MASJID

PONOROGO – Pada bulan puasa ramadhan 1442 H, Pemerintah telah memberikan kelonggaran terhadap pelaksanaan kegiatan sholat berjamaah di masjid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Syaikhul Hadi selaku  Kepala Kantor Kementerian Agama Ponorogo, yang mengatakan bahwa diperbolehkannya masyarakat melakukan sholat berjamaah dimasjid, karena telah dikeluarkan SE dari Kementerian Agama No 3 Tahun 2021 yang salah satunya berisi panduan penyelenggaraan ibadah pada Bulan Ramadhan  dan Idhul Fitri 2021 Masehi.

Syaikhul menambahkan, jika salah satu point yang terdapat di SE adalah bahwa umat islam dapat menyelenggarakan ibadah pada Bulan Ramadhan di masjid/Mushola, seperti Sholat Terawih dan Tadarus dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang ketat dan dalam kapasitas yang terbatas atau hanya 50%, agat tetap aman dan tidak menimbulkan klaster baru.

Syaikhul menyebut jika panduan dalam SE tersebut, seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan membawa sajadah sendiri, serta tempat ibadah harus secara rutin disemprot disenfaektan. Dengan upaya-upaya tersebut, Syaikhul berharap agar masyarakat bisa terlindungi dan aman dari Covid-19 sehingga masyarakat dapat meningkatkan kekhusyukan, kualitas iman dan takwa, serta meningkatkan tali persaudaraan. (Nas/Fn)

Tim Jurnalis Radio Songgolangit fm