Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

Catatan di Sidang Paripurna DPRD Ponorogo

Ponorogo – Setelah menerima dan membahas usulan  terhadap tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yaitu, Raperda Pajak Daerah, Perubahan Raperda Restribusi Jasa Umum serta Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2019, Fraksi- Fraksi DPRD Ponorogo menyampaikan Pandangan Umum-nya, di ruang Rapat Paripurna, Senin (20/7/2020).

Rapat Paripurna tersebut di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto, S.Pd yang dihadiri Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Ponorogo, Wakil Bupati Ponorogo bersama jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, serta instansi terkait Kabupaten Ponorogo.

Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto, usai paripurna mengatakan beberapa catatan yang disampaikan oleh para fraksi terkait Raperda Pajak Daerah, Perubahan Raperda Restribusi Jasa Umum serta Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2019.

Pihaknya juga menyampaikan temuan terkait dana BOS yang di bahas oleh Komisi D DPRD Kabupaten Ponorogo yang perlu dikaji lebih dalam. Selain itu, dikatakan oleh Sunarto terdapat kelebihan bayar, walaupun tidak banyak, salah satu paling banyak terdapat pada Dinas PUPR, yang nilainya di bawah 1 Miliar.

Lebih lanjut, dikatakan oleh Ketua DPRD Ponorogo, Terakhir yang disampaikan oleh teman dari fraksi Golkar, yaitu kaitannya dengan keikutsertaan BPJS kesehatan. Kita sudah menginformasikan pada masyarakat, namun dalam pelaksanaannya harus selalu diadakan semacam sosialisasi lagi biar tanggapan masyarakat lebih mantap lagi terhadap BPJS Kesehatan ini, karena sangat diperlukan.

Menurut Sunarto, kalau warga tidak memiliki atau ikut dalam BPJS, sangatlah disayangkan, apabila sewaktu-waktu mereka sakit akan kesulitan. Dan pihaknya akan menyampaikan kepada Bupati, bahwa terkait keikutsertaan BPJS Kesehatan ini sangat penting.

Dijelaskan juga oleh Ketua DPRD, bahwa anggaran Pemda untuk Jamkesda setiap tahun memang berubah. Sesuai batasan yang telah ditentukan oleh pusat sesuai kemampuan untuk daerah.

Tim Jurnalis Songgolangit.