Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

STATUS PONOROGO ZONA KUNING

PONOROGO – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pusat telah menetapkan Ponorogo sebagai daerah zona kuning (resiko rendah), Kamis (11/06/2020). Artinya penyebaran Covid-19 terkendali tetapi masih ada resiko transmisi.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada kepada seluruh masyarakat Ponorogo, tenaga medis dan paramedis, seluruh OPD dan seluruh unsur yg tergabung dalam gugus tugas penanganan covid kabupaten Ponorogo. Serta seluruh pihak yang telah berperan serta memutus rantai penularan COVID19 di Kabupaten Ponorogo.

Meskipun demikian, namun masyarakat perlu tetap waspada. Dengan status zona kuning (resiko rendah), masih terdapat resiko untuk terjadi transmisi lokal (penularan dari satu orang ke orang lain dalam satu wilayah kabupaten) ataupun transmisi tingkat rumah tangga dengan cepat. Begitu pula dengan transmisi dari imported case (tertular dari luar Ponorogo), sebagaimana yang terjadi pada sebagian besar kasus covid-19 di Ponorogo saat ini.

Untuk mewaspadai hal tersebut, Bupati menegaskan bahwa keberadaan relawan-relawan di desa/kelurahan, peran serta ketua RT/RW dan masyarakat desa/kelurahan setempat tetaplah penting untuk melakukan monitoring keluar masuknya orang dari  luar wilayahnya serta  isolasi juga masih diperlukan.

Kemudian, protokol kesehatan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan dengan disiplin sebagai kebiasaan sehari-hari, yaitu :

1. Sering cuci tangan pakai sabun / hand sanitizer

2. Pakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain

3. Kurangi berkerumun

4. Tingkatkan imunitas dengan olahraga teratur dan selalu bahagia

Terakhir, Bupati Ipong mengungkapkan bahwa disiplin atas protokol adalah kunci menuju ponorogo zona hijau dan mengajak masyarakat untuk berdoa serta mendekatkan diri  kepada Allah SWT. (lc)

Jurnalis Songgolangit FM