Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI PADA PIMPINAN PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN PONOROGO

PONOROGO – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo melakukan rapat koordinasi dengan pimpinan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Ponorogo selama dua hari (10-11/06/2020). Selain itu Kemenag juga bekerjasama dengan pihak dinas Kesehatan untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan yang harus dijalankan ketiika santri diperbolehkan kembali mukim di Pondok Pesantren.

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pada Pondok Pesantren di Ponorogo.
Sumber foto: Lucia Marwa Songgolangit FM

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dan Dinniyah Pondok Pesantren (Ponpes) Kementrian Agama Kabupaten Ponorogo, Marjuni menyampaikan bahwasannya dalam masa pandemi covid-19 Ponpes menjadi semacam komunitas yang menjadi pusat perhatian masyarakat khususnya di Ponorogo. Kemudian dengan munculnya edaran dari Gubernur Jawa Timur tertanggal 29 Mei 2020 dan surat dari Kepala kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur tertanggal 2 Juni 2020. Sehingga pihaknya wajib untuk melaksanakan sosialisasi kepada pimpinan Pondok Pesantren.

Di Ponorogo ada sebanya 96 Pondok Pesantren, sehingga dalam rapat koordinasi dan sosialisasi dilaksanakan selama dua hari dengan tiga sesi. Dengan pembagian sesi pertama dan kedua pada Rabu (10/06/2020) yaitu pagi dilanjutkan setelah dhuhur dengan masing-masing peserta 30 orang. Selanjutnya sesi ketiga pada Kamis (11/06/2020) dengan peserta 36 orang.

Marjuni pun berharap dengan adanya rapat koordinasi dan sosialisasi ini pihak ponpes bisa mengambil langkah terbaik untuk santri dan masyarakat Kabupaten Ponorogo. Agar Ponpes tidak gegabah dalam memberikan surat atau memanggil santrinya untuk kembali ke Ponpes. Sehingga sesuai dengan edaran Bupati Ponorogo, manakala Ponpes belum siap untuk melakukan protokol kesehatan yang seperti disampaikan di edaran Bupati, Gubernur dan Kepala Kantor Wilayah Jawa Timur alangkah lebih baik menunda kedatangan para santri kembali ke Ponpes. (lc)

Jurnalis Songgolangit FM