Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

DAM COKROMENGGALAN DI SULAP MENJADI WAHANA WISATA AIR

PONOROGO – Sejak tanggal 1 Januari 2020 Dam Cokromenggalan telah dibuka sebagai tempat wisata baru di Ponorogo. Selain dapat berswafoto di lokasi, pengunjung juga dapat wisata kuliner menikmati hidangan tradisional mulai dari soto kwali sampai dengan tiwul goreng. Kemudian juga telah disediakan perahu wisata yang dapat digunakan pengunjung mengelilingi sungai Cokromenggalan, yang telah dilengkapi dengan pelampung sebagai pengamannya.

Teguh yang merupakan pengelola wisata Dam Cokromenggalan mengatakan bahwa ini semua berangkat dari paguyuban cinta sungai oleh RT dan RW, kemudian ada pendampingan dan pembimbingan dari Lurah setempat untuk menjaga dan merawat sungai. Kemudian berkembang hingga seperti saat ini.

Teguh menambahkan, sejauh ini perahu wisata di Dam Cokromenggalan hanya dibuka pada hari Sabtu Minggu saja. Sedangkan ke depannya, pihaknya sudah menerima tawaran untuk pengadaan bebek pancal, wahanan bermain anak dan juga wahana outbound. Selain itu juga ada yang menawarkan untuk pemuatan flying fox. Namun pihaknya masih belum menerima tawaran itu semua, karena merasa perlu mengadaan penataan terlebih dahulu. (lc)