Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

POPULASI LALAT MENINGKAT DI MUSIM PENGHUJAN

PONOROGO – Musim penghujan biasanya terjadi di tiga bulan diawal tahun. Selain merebaknya nyamuk yang menjadi biang penyakit demam berdarah (DB), kecoak dan tikus, ternyata penyakit di musim penghujan juga bisa disebabkan oleh populasi lalat yang turut meresahkan masyarakat.

Kasi P2 Dinkes Ponorogo, Edy Kusnanto saat dihubungi Radio Songgolangit fm pada Rabu (15/1) mengatakan masyarakat perlu mewaspadai sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk, kecoak, tikus dan juga lalat. Sebenarnya di musim penghujan yang bahaya adalah penyakit DB, namun data dari dinas kesehatan Ponorogo terkait DB masih terpantau aman. Selain itu, penyakit diare juga turut menjadi perhatian karena lalat yang cukup banyak di masyarakat saat ini.

Walaupun laporan yang masuk mengenai penyakit diare di Ponorogo tidak begitu banyak, namun tetap perlu waspada terkait dengan penyebaran lalat. Biasanya lalat bertelur di tumpukan sampah, mengerumun di kotoran hewan dan pemukiman yang berdekatan dengan tempat peternakan hewan, serta dari buah yang telah membusuk.

Terkait dengan penyebaran lalat, Edy kusnanto juga menghimbau kepada masyarakat jika meletakkan makanan di meja hendaknya di tutup dengan tudung saji, jangan ada bau yang dapat mengundang lalat, berperilaku hidup bersih dan sehat, hindari stress dan tetap waspada. Karena ini adalah penyakit yang menular, mencegah lebih baik daripada mengobati.(is)

Jurnalis Songgolangit FM