Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

KENAIKAN HARGA SEMBAKO DAN BUMBU DAPUR DI PASAR RELOKASI

PONOROGO – Hari ke -13 di tahun 2020 ini harga sembako dan bumbu dapur mengalami kenaikan. Pedagang pasar Relokasi mengeluhkan sepinya pembeli akibat kenaikan harga tersebut.

Sumiati (59) salah satu pedagang di Pasar Relokasi mengatakan bahwa sembako yang biasanya memiliki harga stabil pun, kini juga mengalami kenaikan. Untuk gula harganya menjadi Rp 13.500 per kilogramnya, minyak goreng menjadi Rp 12.000 per liternya dan beras menjadi 10 ribu per kilogramnya.

Selain sembako, bumbu dapur pun juga mengalami kenaikan. Apalagi cabai rawit kini mencapai 60 ribu per kilogramnya, tomat 8 ribu per kilogramnya dan bawang putih mencapai 29.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk bawang merah mengalami penurunan harga, yaitu Rp 26.000 per kilogramnya.

Para pedagang mengeluhkan bahwa sejak harga naik menajdi sepi pembeli, sehingga hanya menyediakan stok secukupnya saja. Karena takut jikalau dagangannya tidak laku. Mengingat di musim hujan ini, talang di Pasar Relokasi juga sering bocor. Meskipun sempat ada perawatan dari pihak pemerintah, namun sudah bocor kembali. Sehingga para pedagang berharap, supaya proyek Pasar Songgolangit segera digarap dan diselesaikan. Agar hasil penjualan bisa kembali normal dan tempatnya nyaman.(lc)

Jurnalis Songgolangit FM