Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

PENEMUAN ARCA ARGA AGESTIA BUKTIKAN PONOROGO ADANYA SITUS BERSEJARAH

PONOROGO – Bongkahan arca ditemukan di area persawahan seorang warga di Desa Sawuh Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Rabu (27/11/2019).

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Ponorogo, Yudha Slamet Sarwo Edi menjelaskan bahwa arca tersebut ditemukan pada Sabtu (23/11/2019) di area persawahan milik Thohir Tukiman yang pada saat itu digarap oleh Bringkil, seorang warga setempat. Ketika melakukan pembajakan sawah, tiba-tiba alat yang digunakan menyangkut sebuah batu besar, dan saat diselidiki dan didalami kembali ternyata sebuah arca.

Setelah mendapat laporan dari warga, pihak Dinas Pariwisata, Kecamatan Siman dan Kepala Desa Sawuh langsung meninjau ke lapangan dan ternyata ditemukan potongan arca panjang 31 cm, lebar 30 cm dan tebalnya 14 cm. Informasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Trowulan diduga arca Arga agestia, karena disebelah tangan kanan membawa kendi Amarta atau kendi suci. Namun untuk prakiraan tahun dan zaman masih belum dipastikan dan masih dalam penelitian pihak BPCB Trowulan.

Yudha juga mengatakan selain ditemukan potongan arca yang bukan merupakan benda kesatuan yang utuh, ditemukan juga batubata kuno dengan ukuran besar panjang 33 cm, lebar 22 cm, tebal 10 cm. Dan arca nya sendiri sudah diamankan oleh pihak terkait.

Penemuan arca di Sawuh Siman ini, membuktikan adanya situs bersejarah di Ponorogo. Harapannya dengan penemuan situs benda bersejarah, Ponorogo akan punya musium sendiri. Jadi peninggalan peninggalan ini bisa diletakkan disana. Hingga menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi sebagai pendidikan dan wisata bersejarah di kabupaten Ponorogo.(is)