Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

DUA GUNUNGAN DAN 99 INGKUNG DIARAK DALAM PARADE BUDAYA DUSUN NGRAMBANG

PONOROGO-99 ingkung ayam dan dua gunungan diarak dalam Parade Budaya Dusun Ngrambang, desa Pondok kecamatan Babadan, Ponorogo, Sabtu (09/11/2019). Parade ini dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.

Usai diarak, semua dipurak bersama di masjid Al-Hasan, Ngrambang. Parade finish di depan masjid Al- Hasan dan dilanjutkan dengan pertunjukan pencak silat tradisional melayu di depan pemuka agama sebelum dua gunungan dipurak oleh ratusan masyarakat. Selain gunungan, unto-untonan dan gajah-gajahan, hadroh, dan lain sebagainya juga meramaikan parade ini.

Ketua panitia Parade Budaya Ngrambang, Muhadi Prayitno mengatakan tujuan dari diselenggarakannya parade budaya ini adalah sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi yang diterima. Diharapkan dari parade ini, masyarakat dusun Ngrambang menjadi lebih makmur, sejahtera, dan loh jinawi.

Dua gunungan, yakni gunungan lanang dan gunungan wadon diperebutkan oleh ratusan masyarakat dengan harapan mendapat keberkahan di hari Maulid Nabi Muhammad saw. Selain itu, puluhan ingkung dan nasi kuning juga dipurak bersama antara para tokoh agama, TNI, POLRI, dan masyarakat di serambi masjid Al-Hasan.(ai/is)

Tim Jurnalis Songgolangit fm