Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

RAPAT PARIPURNA DPRD BAHAS RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PONOROGO 2020

PONOROGO- Rapat Paripurna DPRD kabupaten Ponorogo hari ini dalam rangka penyampaian nota keuangan RAPERDA kabupaten Ponorogo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020, di ruang rapat DPRD, Selasa (15/10/2019).

Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno sempat menunggu lama di ruang rapat karena jajaran pimpinan DPRD tidak kunjung datang. Akhirnya acara dimulai sekira pukul 10.28 wib. Dari jumlah total 45 anggota, rapat hari ini dihadiri oleh 37 anggota dewan.

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto mengatakan  acara rapat hari ini, pertama penyanpaian nota keuangan raperda oleh bupati. Kedua, pendapat Badan Anggaran DPRD tentang raperda RAPBD 2020. Ia mengatakn rapat ini terbuka untuk umum.

Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno menyampaikan materi RAPERDA tentang RAPBD 2020 di hadapan seluruh peserta rapat. Sebelumnya, ia juga mengatakan masyarakat saat ini sudah cerdas dan kritis dalam menyikapi kebijakan. Selain itu ia juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa fokus pembangunan dan penguatan ekonomi berbasis daerah dan produk unggulan.

Usai rapat, ia menyampaikan penyampaian nota keuangan ini sudah mencakup segalanya baik dari segi pendapatan maupun belanja. Menurutnya ada dua jenis belanja daerah, yaitu belanja langsung dan belanja tidak langsung.

Badan Anggaran DPRD Ponorogo, yang diwakili oleh Agus Dwi Prayitno menyampaikan bahwa raperda tersebut telah memenuhi syarat untuk dibahas di dalam rapat DPRD kabupaten Ponorogo.

Sementara itu, menjelang akhir rapat paripurna, Sunarto sebagai Pimpinan DPRD periode 2019-2024 mengingatkan kepada para anggota dan pimpinan fraksi akan adanya tatib tentang ketidakikutsertaan anggota dewan selama 2 kali berturut-turut akan diberikan sanksi, yaitu tidak diikutkan peningkatan kapasitas.(ai)

Jurnalis Songgolangit FM Melaporkan