Radio Songgolangit | Kebanggaan Ponorogo

Ruas Jalan Nasional Ponorogo-Pacitan Yang Ambles Sudah Mulai Diperbaiki

Para pekerja nampak sibuk melakukan perbaikan di jalan Ruas jalan nasional Ponorogo-Pacitan yang berada tepat di Dusun Bukul KM 227, Desa Wates, Kecamatan Slahung. Sistem buka-tutup pun sengaja diberlakukan demi kelancaran arus lalu lintas.

Sebab, jalan ini merupakan jalan satu-satunya penghubung Ponorogo-Pacitan. Tak jarang dilewati kendaraan besar seperti bus dan truk pengangkut logistik. Jika jalan ini ditutup, pengendara diminta memutar melewati Wonogiri yang lebih jauh sekitar 2 jam.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono menambahkan, Meski saat ini sudah ada petugas dari Dinas PU Provinsi Jatim yang melakukan perbaikan. Menurutnya, ini bakal membutuhkan waktu yang cukup lama hingga jalan ini kembali aman. Sebab, lokasinya membahayakan jika tidak disertai penghitungan tepat pergerseran tanah bakal terjadi kembali.

Kontur tanah yang ada di wilayah Kecamatan Slahung seperti di Desa Tugurejo, Desa Wates serta Desa Gemaharjo memang tanah gerak. Sehingga tak jarang jalan provinsi disini sering ambles ketika musim penghujan tiba.(yg/detik)